Senin, 20 Juli 2009

Rectifier

Rectifier adalah suatu rangkaian elektronika yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC. Rectifier ini sebenarnya adalah rangkaian dari beberapa dioda dan komponen lainya. Salah satu contoh aplikasi dari rectifier adalah catu daya.

Rangkaian rectifier yang paling sederhana adalah Half wave rectifier. Mengapa namanya half wave rectifier? Karena rectifier ini hanya melewatkan setengah gelombang AC. Half wave rectifier dapat dibuat dengan hanya menggunakan satu dioda. Kegunaan half wave rectifier adalah untuk mengurangi daya ke beban. Mengapa dayanya bisa berkurang? Karena beban hanya menerima setengah gelombang tegangan AC. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Tipe rectifier yang lain adalah Full wave rectifier. Mengapa namanya full wave rectifier? Karena tegangan keluaran yang dihasilkan merupakan gelombang penuh tegangan AC yang dipositifkan. Rangkaian full wave rectifier ini ada dua macam. Rangkaiannya tergantung pada transformer yang dipakai. Sebenarnya kedua rangkaian ini menghasilkan keluaran yang sama. Salah satu rangkaiannya adalah full wave rectifier dengan center tap design. Rangkaian ini biasanya dijumpai pada aplikasi aplikasi yang menggunakan daya yang kecil. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Rangakaian lainnya adalah full wave rectifier dengan bridge design. Rangkaian ini lebih sering digunakan dari pada rangkaian full wave rectifier center tap design. Untuk lebih jelas anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Sekian penjelasannya tentang rectifier. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

4 komentar:

  1. thx infonya bro
    hehe

    lumayan buat jawaban praktek gue

    BalasHapus
  2. makasih sobat untuk artikelnya,, bermanfaat sekali untuk tugas praktikum saya

    BalasHapus