Sabtu, 18 Juli 2009

LDR

LDR (Light Dependent Resistor) adalah suatu komponen elektronik yang resistansinya tergantung pada intensitas cahaya. Jika intensitas cahaya semakin besar maka resistansi LDR semakin kecil, jika intensitas cahaya semakin kecil maka resistansi LDR semakin besar. LDR sering juga disebut dengan sensor cahaya. Cara merangkai LDR ada 2, tergantung dengan respon yang diinginkan. Rangkaian itu antara lain:

Cara kerja rangkaian 1 adalah pada saat intensitas cahaya disekitar LDR membesar, maka hambatan LDR akan mengecil. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik1 semakin besar. Dan sebaliknya, jika intensitas cahaya disekitar LDR semakin kecil, maka hambatan LDR semakin besar. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik1 semakin kecil.

Cara kerja rangkaian 2 adalah pada saat intensitas cahaya disekitar LDR membesar, maka hambatan LDR akan mengecil. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik2 semakin mengecil. Dan sebaliknya, jika intensitas cahaya disekitar LDR semakin besar, maka hambatan pada LDR semakin kecil. Hal ini menyebabkan tegangan pada Titik2 semakin besar.

Dengan penjelasan diatas, maka kita dapat membuat senter otomatis. Senter otomatis ini akan menyala jika intensitas cahaya disekitar LDR besar, maka senter akan mati. Dan sebaliknya, jika intensitas cahaya disekitar LDR kecil, maka senter akan menyala. Berikut adalah gambar rangkaian senter otomatis.

Anda dapat memodifikasi rangkaian diatas dengan cara menambahkan LED pada output dari transistor. Jika ada kritik atau saran, anda dapat menuliskan kritik atau saran pada bagian bawah post ini. Sekian penjelasan LDR dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 komentar: